Wednesday, July 18, 2012

Makanan Sehat Untuk Diet Saat Cuaca Panas


Saat ini kita mengalami perubahan cuaca yang tentunya sangat berpengaruh pada tubuh kita. Pada saat musim panas/ kemarau, panas sekali hingga membakar kulit dan tubuh kita, bahkan menguras energi hingga kita kelelahan karena kepanasan. Saat cuaca panas dan sedang melakukan diet, tentunya anda perlu makanan yang membantu mempertahankan tingkat energi meski suhu panas.
Untuk mencoba melawan panas anda dapat mengkonsumsi makanan sehat untuk diet yang membuat anda tetap dingin dan dikemas penuh gizi. Makanan ini memiliki berbagai manfaat yaitu membantu perbaikan kulit anda untuk mendetoksifikasi sistem tubuh . Pilihan terbaik untuk musim panas yang diresepkan sepanjang tahun adalah – banyak makan buah, jangan pernah melewatkan sayuran, dan makan protein tanpa lemak.
Berikut adalah makanan sehat untuk diet saat cuaca panas yang terik :


Semangka

Semangka merupakan aset penting bagi setiap diet cuaca panas, terutama untuk melembabkan tubuh agar tidak dehidrasi. Semangka terdiri dari 92 persen air dan 6 persen gula, sehingga ketika sedang melembabkan tubuh juga membantu untuk mempertahankan elektrolit yang hilang karena keringat berlebihan. Semangka dikemas dengan vitamin, yang mengandung 20 persen vitamin A, yang membantu untuk kesehatan mata, dan vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan khawatir bahwa buah ini akan mempengaruhi ukuran pinggang Anda, hanya 46 kalori dalam satu porsi satu gelas.
  
Jeruk

Jeruk adalah sumber besar dari hidrasi, karena komposisi mereka adalah sekitar 81 persen air. Selain penuh vitamin C, jeruk juga dikemas dengan thiamin, yang merupakan mineral yang membantu mengubah gula menjadi energi serta membantu menjaga sistem kardiovaskular dan saraf. Jeruk membantu untuk menjaga energi Anda di panas terik.


Ikan salmon

Manfaat makan ikan salmon sangat luar biasa . Empat ons salmon mengandung jumlah total harian yang direkomendasikan untuk vitamin D, sementara jumlah vitamin D yang lebih kecil  diberikan melalui sinar matahari. Salmon juga mengandung  magnesium, yang memperkuat tulang, dan lemak baik seperti omega-3 minyak yang membantu mengurangi peradangan.

 

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang bagus untuk dikonsumsi sepanjang tahun. Satu porsi brokoli memiliki 4 persen% dari jumlah harian kalsiumyang disarankan, hampir sama atau lebih dari secangkir susu. Brokoli juga merupakan sumber kalium. Selain merupakan sumber beta-karoten, dan tinggi serat, brokoli penuh glucoraphanin, yang membantu memperbaiki kulit dari kerusakan yang disebabkan matahari.







Cilantro/ Daun ketumbar

Daun ketumbar untuk menambahkan rasa yang unik untuk ayam atau ikan, tetapi juga memiliki manfaat besar bagi tubuh Anda. Daun ketumbar membantu pencernaan karena penuh dengan serat makanan. Ramuan daun ketumbar telah digunakan sebagai teh untuk detoksifikasi tubuh dan untuk mengurangi mual. Ketika panas menyerang anda, ketumbar dapat menenangkan perut Anda.



Paprika

Paprika juga favorit lain untuk musim panas. Paprika adalah sumber vitamin E dan alfa dan beta karoten, Jalapenos meningkatkan metabolisme Anda. Paprika dapat diolah dengan dipanggang  dan sebagai tambahan rasa pada setiap hidangan.


Nanas

Selain bebas lemak dan sangat lezat, nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang membantu pencernaan dan memerangi pembekuan darah. Nanas dapat membantu mencegah pembengkakan/ peradangan, yang paling umum selama musim panas. Buatlah koktail nanas yang segar untuk cuaca panas Anda.

Air

Meskipun beberapa makanan super yang disarankan bisa melembabkab tubuh, tidak ada yang menggantikan air. Air melembabkan tubuh Anda dan menggantikan apa yang hilang melalui keringat, tapi manfaat tambahan air minum termasuk mengatur suhu tubuh untuk mencegah kelelahan panas dan pembilasan ginjal dari racun. Air mendorong sistem pencernaan Anda dan memainkan peran penting dalam setiap sistem tubuh, sehingga tidak mengherankan bahwa tubuh Anda terbuat dari 60 persen air.

Makanan sehat untuk diet saat cuaca panas tersebut di atas dapat membantu kita agar tidak kehilangan energi dan dehidrasi saat melakukan program diet ketika cuaca dalam kondisi panas.



No comments:

Post a Comment