Monday, June 4, 2012

Alasan Memilih Makanan Organik


Ada begitu banyak perdebatan baru-baru ini tentang "going organik" dan "makanan organik." Apa sebenarnya yang dimaksud dengan "organik" dan mengapa makan makanan organik sangat dianjurkan?

Makanan organik adalah mereka yang dihasilkan atau diproduksi tanpa menggunakan pestisida dan bahan kimia sintetis lainnya. Berikut adalah tujuh alasan mengapa kita harus makan makanan organik:


  1. Studi dari berbagai organisasi secara konsisten menunjukkan bahwa makanan organik lebih tinggi nutrisi dari makanan yang penanamannya secara tradisional (seperti bertani dengan pestisida dan pupuk).
  1. Produk organik juga telah terbukti bebas dari neurotoksin. Ketika perang usai, organofosfat sisa diadaptasi menjadi pestisida. Organofosfat yang merusak sel-sel otak dan saraf. Banyak pestisida masih dianggap neurotoksin. Sedangkan produk organik, bagaimanapun, tidak menggunakan neurotoksin dalam proses tumbuh. Produk organik sangat ideal untuk otak anak-anak yang sedang tumbuh dan juga tubuh. Makanan organik  memperkuat tubuh mereka tanpa kuatir resiko paparan pestisida dan hasil rekayasa genetik organisme.
  1. Penggunaan pestisida mencemari air minum kita. Melalui praktek pertanian organik, polusi dalam air minum kita sangat berkurang. Untuk mendukung upaya ini, kita harus membeli produk organik juga. Selain itu, produksi makanan organik selalu digunakan oleh nenek moyang kita dan telah terbukti berkelanjutan dan ramah lingkungan dibandingkan dengan praktek-praktek pertanian saat ini yang telah merusak lingkungan hidup di semua bagian dunia. Herbisida, pestisida, fungisida, dan pupuk telah merusak semua termasuk tanah.

  2. Peternakan yang mempekerjakan praktik organik adalah tempat yang juga aman untuk bekerja. Sebuah penelitian Harvard School of Public Health menemukan bahwa penyakit Parkinson antara orang-orang terpapar pestisida adalah 70% lebih tinggi pada lingkungan-lingkungan dimana pestisida tsb digunakan. Ketika kita membeli organik, kita mendukung lingkungan kerja yang aman dan bebas penyakit.

  3. Makanan organik mengurangi resiko kanker. Kanker merupakan  salah satu penyebab utama kematian di dunia saat ini, ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan pestisida ini merupakan karsinogenik. Daging non-organik sekarang juga dihasilkan dari daging yang diobati dengan antibiotik, hormon sintetis, dan narkoba. Ini tidak terjadi dengan daging organik.

  4. Makanan organik adalah makanan yang nyata dan telah dicoba, diuji dan terbukti aman.

  1. Teknik pertanian organik mendukung keanekaragaman hayati yang lebih besar dalam sumber-sumber makanan kita. Keanekaragaman hayati adalah alami dan mendasar untuk hidup di Bumi. Sebaliknya, rekayasa genetika dan non-organik makanan hanya peduli dengan memproduksi hasil yang tinggi untuk satu kelompok tertentu dari tanaman
Itulah sebabnya semakin banyak orang beralih dari gaya hidup konvensional ke gaya hidup organik.

No comments:

Post a Comment